5 Makanan Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi adalah suatu penyakit yang sangat umum diderita oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Darah tinggi memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, ketika darah tinggi itu mencapai titik terparah akan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis, seperti stroke dan serangan jantung.

Darah tinggi tidak berbahaya jika kita bisa mengontrolnya dan juga bisa mengatur pola makan sehari-hari. Jika anda tidak bisa mengatur pola makan anda dengan baik, darah tinggi akan dengan mudah kambuh dan menjadi lebih parah. Aturlah pola makan anda dengan baik, imbangi dengan makanan yang bermanfaat menurunkan hipertensi, seperti melon, mentimun, dan lainnya.

Macam-macam makanan penurun darah tinggi memang sangat banyak. Hal ini memudahkan anda untuk memilih makanan yang paling anda suka sebagai penurun tekanan darah tinggi anda. Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam makanan yang ampuh turunkan tekanan darah tinggi:
5 Makanan Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Mentimun

Mentimun memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu sebagai penurun tekanan darah tinggi. Ya, mentimun merupakan makanan yang sudah umum dijadikan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Mentimun ini mengandung banyak nutrisi yang dipercaya dapat menurunkan hipertensi secara alami tanpa ada efek tubuh lemas dan sakit. Konsumsilah mentimun secara rutin untuk memperoleh manfaat lebih.

2. Kentang rebus

Selain enak, kentang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, yang harus anda ingat adalah rebus terlebih dahulu kentang sebelum anda konsumsi sebagai penurun hipertensi. Kentang dapat menyerap sodium berlebih pada tubuh pada saat dikonsumsi.

3. Susu skim

Kandungan vitamin D dan kalsium yang terdapat pada susu skim ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi mencapai 3 hingga 10 persen. Selain enak saat diminum, susu skim ini juga bisa mencegah dan mengobati masalah penyakit jantung. So, jangan ragu untuk minum susu skim, susu ini sangat baik untuk kesehatan anda, terutama bagi anda yang menderita hipertensi.

4. Buah pisang

Pisang merupakan buah yang mendunia. Pisang sangat baik untuk dikonsumsi bagi semua orang. Selain bisa membantu program diet anda, pisang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh anda. Anda cukup mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya, yaitu di pagi hari ataupun di sore hari, terserah sesuai keinginan anda. Jika anda rutin mengkonsumsinya, anda akan terhindar dari resiko darah tinggi.

5. Cokelat hitam

Cokelat.. Hmmm.. Siapa yang tidak suka cokelat, Sebagian besar orang didunia ini menyukai makanan ini. Ya, selain rasanya yang manis, enak dan super lezat, cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Cokelat hitam ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Cokelat hitam juga bisa menenangkan pikiran anda. Baiknya lagi, cokelat hitam ini bisa menurunkan tekanan darah tanpa membuat badan anda gemuk loh.. Tidak percaya? Silahkan anda coba untuk membuktikannya.

Demikianlah 5 makanan ampuh turunkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.