5 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Cemas

Rasa cemas adalah suatu respon emosional terhadap penilaian yang menggambarkan keadaan takut, khawatir gelisah, dan tidak tentram yang disertai dengan berbagai keluhan fisik. perasaan cemas bisa terjadi dalam berbagai situasi kehidupan atau gangguan rasa sakit. Rasa cemas yang berlebihan juga bisa menimbulkan berbagai efek yang berkelanjutan dan berulang-ulang , seperti perut sering kosong, jantung sering berdebar kencang, sakit kepala, dan lainnya.

Setiap orang pasti pernah merasakan kecemasan, baik itu karena masalah keluarga, keuangan, peerjaan, dan juga lingkungan. Rasa cemas yang berlebihan tidaklah baik, hal iitu akan menimbulkan kegelisaan yang juga berlebihann yang akan berefek pada kegiatan atau aktifitas yang sedang anda jalani. Jangan biarkan kecemasan anda menghantui kehidupan anda terus menerus. Jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengobatinya tapi masih saja belum bisa. Cobalah untuk konsultasi kepada dokter kesehatann.
Untuk mengatasi masalah kecemasan itu tidaklah sulit. Anda hanya perlu menenangkan hati dan fikiran anda agar bisa lega dan rileks. Anda juga bisa mencoba tips-tips berikut ini untuk mengatasi rasa kecemasan anda. Berikut 5 tips ampuh mengatasi rasa cemas:
5 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Cemas

1. Mengkonsumsi teh herbal

Anda bisa menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengatasi rasa cemas anda, seperti akar valerian dan passionflower. Kedua akar tersebut termasuk salah satu tanaman herbal yang dipercaya mempu menurunkan rasa cemas dalam tingkatan tertentu. Umumnya tanaman herbal dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh. Jika anda merasakan cemas yang mendadak dan berlebihan, cobbalah untuk minum teh akar valerian dan passionflower.

2. Olahraga

Olahraga yang rutin memang dapat menyehatkan badan dan juga dapat membentuk otot-otot tubuh anda. Selain itu, olahraga juga bisa menyehatkan pikiran. Jika anda merasakan kecemasan, cobalah untuk berolahraga. Olahragalah secara rutin paling tidak setiap hari 10 menit, agar rasa cemas anda bisa cepat teratasi. 

3. Menulis diary

Rasa cemas juga bisa diatasi dengan menuliskan kekhawatiran yang anda rasakan dan juga apapun yang bisa dijadikan solusi yang dapat anda pikirkan. Ketika anda merasakan kecemasan mendadak dimalam hari, cobalah untuk menuliskan apapun yang bisa membuat rasa cemas anda menghilang. Cara ini efektif untuk mengatasi rasa kecmasan anda. Anda akan merasa lebih tenang dan lebih mudah tertidur di saat susah tidur.

4. Mengkonsumsi insitol (Vitamin B8)

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa mengkonsumsi insitol sebanyak 12 sampai 18 gram dalam seharinya, akan dapat membantu meningkatkan kadar hormon seratonin dalam tubuh. Selain itu juga dapat meminimalisir frekuensi serangan panik pada waktu-waktu tertentu, sehingga anda akan dapat terhinda dari rasa cemas yang mendadak.

5. Melakukan relaksasi

Ketika anda merasakan kecemasan yang mendadak, lakukanlah teknik relaksasi seperti meditasi, relaksasi otot progresif, serta latihan pernafasan. Teknik tersebut terbukti efektif dalam membantu mengurangi tingkat stres pada diri anda. Selain itu juga dapat menurunkan frekuensi serangan panik yang akan terjadi secara tiba-tiba. Mulailah dari sekarang. Lebih cepat akan lebih baik.

Demikianlah 5 tips ampuh atasi rasa cemas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.