5 Efek Buruk MSG Bagi Kesehatan

MSG atau monosodium glutamat merupakan suatu garam natrium yang terbentuk secara alami dan merupakan asam amino non-esensial. MSG itu sendiri digunakan untuk campuran bahan atau bumbu masakan yang dapat menguatkan, menyempurnakan, menyatukan, dan menyeimbangkan rasa dari setiap masakan.

Sebagian besar orang orang telah memasukkan msg ini kedalam masakannya sehari-hari dan bahkan bumbu masakan ini tidak bisa dipisahkan lagi dari setiap makanan yang dikonsumsi. Entah mengapa banyak orang yang tak peduli dengan efek buruk yang akan ditimbulkan akibat msg. MSG itu sendiri adalah suatu bumbu yang mengandung bahan kimia dan mengandung vetsin. Yang namanya bahan kimia jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Bagi anda yang masih gemar memasak dengan mencampurkan msg sebagai bumbu, anda harus mengetahui apa saja efek buruk dari msg ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa efek buruk kesehatan yang ditimbulkan akibat berlebihan mengkonsumsi makanan yang dicampur MSG:
5 Efek Buruk MSG Bagi Kesehatan

1. Mual

Disaat anda menyantap makanan yang bervetsin, perut anda akan merasakan mual yang yang tidak seperti biasanya. Tanda efek dari msg adalah perut terasa mual yang tiada henti. Selain itu, sistem kekebalan tubuh anda pun secara perlahan akan menurun.

2. Merangsang saraf

Jika anda berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung msg, kemungkinan sistem saraf anda akan dirangsang berlebihan. Sehingga akan mengganggu keseimbangan neuro-transmitter yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

3. Nyeri

Anda mungkin akan merasaka nyeri yang tidak biasa pada tubuh anda jika mengkonsumsi makanan yang mengandung msg secara berlebihan. Anda akan merasakan sakit dan rasa sensasi seperti terbakar didaerah tertentu seperti pada bagian wajah.

4. Keringat berlebihan

Ketika anda mengkonsumsi vetsin berlebihan, anda juga akan mengeluarkan keringat berlebihan. Ini merupakan salah satu efek buruk yang memalukan yang ditimbulkan akibat berlebihan mengkonsumsi msg.

5. Bagi wanita hamil

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi vetsin secara berlebihan akan menyebabkan kemandulan pada wanita. Dan bahkan akan menyebabkan keguguran bagi wanita yang sedang hamil. Maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung bahan-bahan seperti ini. Agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan dari bahan tersebut.

Demikianlah efek buruk makanan yang mengandung MSG. Makanan yang mengandung MSG memang terasa nikmat dilidah, namun msg berdampak buruk pada kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.