5 Makanan Enak Penyebab Berbagai Penyakit

Siapa yang tidak suka makan enak? Tentu semua orang menyukainya. Apalagi bagi anda yang hobi wisata kuliner, pasti ada banyak dan bermacam-macam makanan enak yang bisa anda makan. Banyak pilihan makanan yang menggoda selera makan anda, sehingga anda pun berkeinginan untuk memakan semuanya.

Namun, meski makanan itu enak, bukan berarti anda boleh makan seenaknya, berlebihan, dan tanpa aturan. Makanan enak belum tentu menyehatkan. Memang ada beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi jika anda makan tanpa aturan dan berlebihan, bukannya manfaat yang anda dapat, tapi yang anda dapat hanya penyakit yang merugikan.

Memang yang enak itu tak selalu sehat, dan yang sehat pun tak selalu enak. Bagi anda yang suka makan bermacam-macam masakan maupun makanan instan, anda harus mengetahui bahaya yang akan ditimbulkan dalam jangka panjang. Sebelum anda terlanjur terserang penyakit akibat makanan yang anda konsumsi, berikut ini beberapa makanan enak yang menyebabkan berbagai penyakit:

5 Makanan Enak Penyebab Berbagai Penyakit

1. Makanan yang digoreng

Kripik kentang, onion ring, ayam fillet tepung, dan lain sebagainya ternyata kurang bersahabat bagi tubuh kita. Karena makanan tersebut digoreng dengan sistem deep frying, yaitu proses penggorengan yang lama dan menggunakan minyak banyak. Makanan yang digoreng tersebut dapat meningkatkkan kadar kolesterol jahat, dan bisa berakhir timbulnya penyakit jantung.

2. Daging olahan

Daging yang diolah dengan cara diawetkan menggunakan pengasapan, diasinkan, dikeringkan, dan bahkan juga dengan bahan pengawet, seperti sosis, ham, dendeng, daging kaleng, dan lainnya. Makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung fatal, kanker, dan bahkan bisa menyebabkan kematian dini.

3. Minuman soda

Minuman yag bersoda memang menggiurkan dan menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin, pasti sangat nikmat. Perlu anda ketahui, satu kaleng soda mengandung 44gr gula. Minuman bersoda megandung asam fosfat yang dapat menghambat penyerapan kalsium, melemahkan tulang, osteoporosis, dan lain sebagainya.

4. Margarin

Margarin ini terbuat dari minyak nabati yang kaya akan asam trans fatty atau lemak trans. asam ini merupakan jenis lemak yang dibekukan. Lemak trans ini dapat menghambat aktivitas protein penting yang mengatur pembaharuan sel dan memperkuat kekebalan jantung.

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan biasanya digunakan untuk menggantikan pemanis alami. Namun perlu anda ketahui, bahwa pemanis buatan ini dapat meningkatkan resiko diabetes lebih tinggi. Kadar gula darah akan mengalami kenaikan dan kekebalan tubuh akan mengalami penurunan.

Demikianlah 5 makanan enak penyebab berbagai penyakit. Mengkonsumi makanan tersebut memang boleh, namun jangan berlebihan karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.