5 Tips Mudah Terhindar dari Stres

Stres merupakan salah satu momok yang sangat ditakutkan oleh sebagian besar orang. Karena jika orang mengalamai masalah stres, semua aktivitas yang dilakukannya pasti akan terganggu. Alhasil, semua pekerjaan maupun tugas yang seharusnya bisa selesai tepat waktu, jadinya tidak bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Penyebab dari stres itu sendiri bermacam-macam. Salah satunya adalah karena tidak kuat menanggung beban masalah yang selau datang dihadapinya. Akibat dirinya tidak kuat menghadapi, akhirnya munculah gangguan-gangguan stres yang membuat pikirannya menjadi kacau. Digunakan untuk mikir hal yang mudah pun akan terasa sangat sulit baginya, karena sudah terkena efek dari stres.

Untuk mengatasi masalah stres harus dengan cara dan tips yang memang benar-benar bisa dan ampuh untuk mengatasinya. Karena jika salah pilih cara dan tips, kemungkinan akan bisa menyebabkan anda menjadi tambah stres. Untuk mempermudah anda mengatasi dan menghindari stres, anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

5 Tips Mudah Terhindar dari Stres

1. Berhenti mengeluh

Mengeluh dan menyesali semua hal yang telah terjadi itu tidak akan membuat masal lalu anda menjadi baik. Hal ini malah akan memperburuk keadaan anda yang sekarang, anda akan merasabahwa diri anda itu semakin bodoh telah ditipu oleh masalalu. Jika sudah begitu, anda akan merasa tambah stres.

2. Buat rencana yang matang

Sebelum anda melakukan sesuatu yang akan anda kerjakan. Susunlah rencana terlebih dahulu tentang sesuatu yang akan anda kerjakan itu. Menyusun rencana sebelum anda mengerjakannya akan dapat mengurangi resiko stres. Stres pun akan semakin berkurang. Namun jika anda mengerjakan sesuatu hal yang tanpa anda rencanakan dan berlangsung sembarangan, itu akan menambah tingkat kesetresan anda. So, susunlah rencana terlebih dahulu sebelum anda mengerjakannya.

3. Makan teratur dan seimbang

Tahukah anda jika pola makan anda itu sebenarnya berpengaruh pada tingkat kestresan anda? Pola makan sangat berpengaruh pada tingkat kestresan. Jika pola makan anda tidak teratur, dan semua makanan anda makan tanpa ada penyeleksian. Itu akan memperburuk tingkat kestresan anda. So, makanlah secara teratur, dan pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

4. Be happy!

Setiap orang tentunya pernah merasakan kejenuhan terhadap pekerjaannya. Nah, jika anda jenuh, pergilah berlibur atau bertamasya kemanapun yang anda sukai, atau lebih baik di daerah pegunungan yang pemandangannya serba hijau, alami, dan natural. Agar pikiran anda bisa lebih fresh dan terhindar dari acaman stres.

5. Be realistic!

Setelah anda berhasil mencapai target pertama, anda pasti akan bahagia dan bersemangat akan menuju untuk pencapaian target selanjutnya. Sebelum anda antusias dan berusaha keras, sebaiknya tetapkan dulu tujuan yang reaistik dan praktis. Mulailah dari langkah-langkah kecil secara bertahap hingga terbesar. Jangan langsung anda memaksakan mengambil langkah terberat yang anda sendiri belum mampu. Hal ini bertujuan agar setelah kebahagiaan anda dalam pencapaian pertama tidak berujung kestresan.

Demikianlah 5 tips terhindar dari stres. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.